kecamatan di Kabupaten Luwu Timur, dengan luas wilayah

Gambarkecamatan di Kabupaten Luwu Timur, dengan luas wilayah 1.244 km2, kecamatan yang terletak di sebelah utara ibukota Kabupaten Luwu Timur, Kecamatan Wasuponda berbatasan dengan Propinsi Sulawesi Tengah di sebelah utara, Kecamatan Nuha dan Towuti sebelah timur, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Malili dan Angkona.

Dan di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Mangkutana dan Angkona. Kecamatan Wasuponda terdiri dari 6 desa/kelurahan yang seluruhnya berstatus desa definitif. Wilayah Kecamatan Wasuponda adalah daerah yang seluruh desanya merupakan wilayah bukan pantai. Secara topografi wilayah Kecamatan Wasuponda daerahnya merupakan daerah berbukit-bukit.
Ada beberapa desa/kelurahan di Kecamatan Wasuponda yaitu Desa Balambano, Tabarano, Ledu-ledu, Wasuponda, Kawata dan Parumpanai.Di kecamatan wasuponda ada sebuah wisata alam yang begitu eksotik, tempat ini begitu indah dan mengagumkan bagi setiap pengunjung yang datang yang dinamakan dengan Mata Buntu. Sebuah wisata air terjun yang terdiri dari belasan tingkat.Keunikan di obyek wisata ini adalah di undakan paling atas pengunjung dapat menemui sebuah batu berbentuk alat kelamin pria yang konon dipercaya dapat membantu bagi pasangan yangbelum dikarunia anak, adapula yang meyakini sebagai tempat mengikat janji bagi pasangan muda – mudi, percaya atau tidak.
Tidak hanya itu masih banyak lagi tempat wisata yang indah yang ada disekitar wasuponda seperti misalnya Pantai Batu Menggoro, Danau Towuti, Danau Matano, Pantai Lemo, Sungai Malili dan banyak lagi. Mereka terbagi di berbagai tempat di Kabupaten Luwu Timur. Seperti Pantai Batu Menggoro.Harapan dapat kita jumpai di Pantai Batu Menggoro dan Pantai Watu Hara. Kawasan ini selalu di padati oleh pengunjung di hari – hari libur. Suasana yang masih asri menjadi andalan bagi wisata keluarga untuk menghampar lesehan menghimpun keceriaan keluarga dari kepenatan rutinitas mereka.
Matabuntu atau mata-buntu? Maaf saya kurang tahu gimana sebenarnya penulisan tempat wisata ini. Tak penting pula diperdebatkan bagaimana penulisannya yang benar. Heheh… Yang penting diketahui bahwa tempat ini is wonderful waterfall
Matabuntu bisa diakses dengan menggunakan kendaraan apa saja, mobil motor atau sepeda Untuk menuju tempat ini Kita Mesti melewati persawahan, pegunungan dan perbecekan.  benar-benar suatu perjuangan yang luar biasa.
apabila ingin ke sana lihatlah dulu kondisi alam apabila sedang musim hujan pertimbangkanlah lagi rencana anda untu menuju ke arir terjun mata buntu

Posted on 05/23/2013, in BRANDA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: