» Siswa “Berebut” Beastudi Etos Dompet Dhuafa Singgalang

Sebanyak 371 calon mahasiswa memperebutkan kursi Beastudi Etos Dompet Dhuafa, Sabtu (27/4), di Masjid Nurul Ilmi Universitas Andalas. Peserta seleksi tulis dan wawancara merupakan mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

“Jika lulus seleksi ini, mereka akan mendapakan beasiswa selama empat tahun,” ujar Panitia seleksi, Parwanto.

Beasiswa ini dikhususkan untuk mereka yang berasal dari keluarga dhuafa. Tahapan seleksi sangat ketat, seleksi administratif, tes tulis dan wawancara, home visit dan terakhir, mereka harus lulus seleksi masuk PTN.

“Di Indonesia, Beastudi Etos ini bekerja sama dengan 11 perguruan tinggi bergengsi. Jadi setelah lulus seleksi Beastudi Etos, calon penerima manfaat harus juga lulus seleksi PTN yang telah dipilih,” paparnya.

Dilanjutkannya, penerima manfaat akan mendapatkan penggantian biaya masuk PTN, SPP semester satu dan dua, uang saku Rp 400 ribu-Rp 450 ribu perbulan selama empat tahun. Di samping itu, mereka juga diberikan akomodasi asrama.

“Asrama itulah yang menjadi media pembinaan dan pendampingan intensif para etoser guna mencetak pribadi dan komunitas produktif,” katanya,

Sementara itu, peserta seleksi, Ayu, dari Solok mengungkapkan harapannya agar bisa lulus semua tahap seleksi. “Saya hidup bersama ibu dan adik-adik, bekerja sebagai guru TPA sudah saya lakukan untuk menabung agar bisa kuliah, namun jauh sekali dari cukup. Saya ingin kuliah, saya ingin bantu ibu saya,” ujarnya penuh harap.

Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra, mengungkapkan bahwa Dompet Dhuafa selalu berusaha untuk terus memperluas jaringan agar lebih banyak lagi anak cerdas namun kesulitan ekonomi bisa disekolahkan gratis.

Kapasitas Beastudi Etos belum bisa menampung semua mereka, untuk itu Dompet Dhuafa Singgalang kini sedang menggalakkan kerja sama dengan universitas-universitas lainnya di Padang seperti UPI, STMIK Indonesia, ATIP, dan univeritas lainnya.

“Tahun lalu, kami sudah bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Bung Hatta untuk membantu pendidikan mereka yang sudah kami seleksi, kami sangat berharap, tahun ini universitas lainnya turut terketuk untuk memberikan beastudi kepada anak-anak yang sudah kami seleksi,” pungkas Musfi. (*)

Posted on 05/23/2013, in BRANDA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: